9 Menu Diet Ibu Menyusui - Tips Langsing Setelah Melahirkan Secara Alami

Diet Ibu Menyusui Agar Tetap Langsing Menjadi Trending Topik bagi para bunda yang ingin selali tetap Cantik walau Sudah Beranak. Sebenarnya Cara Menurunkan Berat Badan Ibu Menyusui Terbilang Mudah dan Gampang karena Menyusui Anak Dengan Memberikan ASI Eksklusif itu sendiri merupaka Program Diet Bagi Ibu Menyusui Kalau Bisa Dibilang Memberikan ASI Adalah Cara Diet Ibu Menyusui Secara Alami Tanpa Obat Penurun Berat Badan. Hal ini Jauh Lebih Aman Bagi Siapa Saja yang Ingin Menjalaninya. Nah Bagi Bunda yang penasarn dengan Bagaimana cara Menurunkan Berat Badan Yuk Simak Penjelasanya Dari Dokter Dan Bidan Dibawah ini

Setelah proses melahirkan biasanya badan seorang ibu akan bertambah dan membuatnya tidak percaya diri.Sehingga mereka tidak sabar untuk segera menurunkan berat badan mereka.Padahal setelah melahirkan seorang ibu akan membutuhkan banyak tenaga dan juga nutrisi untuk mencukupi kebutuhan menyusui.Makanan yang sehat,bergizi dan tentunya seimbang sangatlah dibutuhkan oleh ibu yang sedang menyusui.Misalnya saja tercukupinya karbohidrat seperti nasi,berbagai jenis sayuran dan buah,serta makanan yang mengandung protein dan juga susu.

Menu Makanan Diet Ibu Menyusui - Tips Langsing Setelah Melahirkan Secara Alami Tanpa Obat

Terdapat beberapa jenis makanan yan dianjurkan bagi ibu setelah melahirkan,antara lain:
Menu Makanan Diet Ibu Menyusui - Tips Langsing Setelah Melahirkan Secara Alami Tanpa Obat
Membuat Jus Buah Untuk Diet Ibu Menyusui

1. Buah-buahan
Saat melakukan diet pasca melahirkan,seorang ibu menyusui harus mengkonsumsi buah-buahan atau jus minimal dua kali sehari.Misalnya saja jeruk yang kaya akan vitamin C yang dapat memberikan energi.Atau dapat juga digantikan blueberry yang dapat mengandung vitamin serta mineral.

2. Kacang dan biji-bjijan
Pilihlah jenis kacang atau biji-bijian yang memiliki warna gelap seperti kacang merah sebagai sumber protein nabati dan juga kaya akan zat besi.

3. Beras merah
Beras merah dapat memberikan asupan kalori yang sangat dibutuhkan oleh tubuh dan juga akan mendukung produksi ASI yang baik serta berkualitas.

4. Susu rendah lemak
Contohnya yoghurt,keju,susu.Di dalam susu mengandung protein,kalsium,vitmin B dan vitamin D yang sangat penting bagi pertumbuhan tulang bayi.Dengan minum susu sebanyak 3 gelas tiap hari maka kebutuhan kalsium anda dan bayi akan tercukupi dengan baik.

5. Daging tanpa Lemak
Daging tanpa lemak mengandung zat besi,protein,vitamin B12 yang dapat memenuhi energi yang dibutuhkan saat masa menyusui

6. Ikan Salmon
Kandungan DHA pada ikan salmon sangat penting untuk merangsang pertumbuhan sistem saraf pada bayi dan juga akan menambah energi yang baik bagi ibu.

7. Telur
Telur adalah salah satu makanan yang mengandung protein.Telur sangat mudah ditemukan disekitar tempat tinggal anda.Telur dapat digoreng dan juga direbus,dicampur bersama salad,atau dimasak dengan cara goreng orak arik.

8.Roti gandum utuh atau sereal dari biji-bijan utuh.
Asam folat yang terkandung didalamnya sangat baik untuk melengkapi kebutuhan ASI anda.Kedua bahan ini juga tinggi akan serat dan zat besi.

9. Sayuran Hijau
Sayuran hijau banyak mengandung vitamin A,vitamin C,zat besi,dan juga kalsium yang sangat baik bagi bayi serta ibu yang sedang menyusui.Selain itu,sayuran hijau juga kaya akan antioksidan dan rendah kalori yang baik untuk kesehatan jantung.

Kebutuhan Kalori Ibu Menyusui

Kebutuhan Kalori-pada umumnya seorang ibu yang sedang menyusui akan lebih banyak membutuhkan kalori yaitu sekitar 400-500 kalori jika dibandingkan dengan seorang wanita yang tidak menyusui.Namun setiap perempuan akan membutuhkan kalori yang berbeda-beda berdasarkan hal-hal berikut ini:

- berat badan
- Sering tidaknya ibu menyusui bayi
- Metabolisme tubuh
- Intensitas olahraga yang dilakukan

Selain berdasarkan hitungan kalori,rasa lapar yang datang juga dapat dijadikan ukuran seberapa banyak asupan makanan yang harus dibutuhkan oleh ibu menyusui.Selain itu,cairan tubuh pada ibu menyusui juga harus tercukupi dengan mengkonsumsi susu atau jus.Sedangkan untuk minuman yang mengadnung kafein sebaiknya dihindari misalnya 2-3 cangkir saja/hari.

Berapa Kilogram Berat Badan Yang Bisa Diturunkan ?

Berapa banyak berat badan yang boleh diturunkan dengan Program diet ibu menyusui tips langsing setelah melahirkan ini ? Seorang ibu yang kelbihan berat badan pasca melahirkan boleh menurunkan berat badannya.Penurunan berat badan dapat dilakukan sekitar 0.5-1 kg tiap minggu tergantung pada aman atau tidaknya produksi ASI.

Mengkonsumsi makanan yang sehat diimbangi dengan olahraga yang teratur akan menurunkan berat badan setidaknya 0,5 kg per minggu.Hal tersebut lebih bagus jika dibandingkan dengan diet rendah kalori ketika menyusui.Anda lebih baik sering berolahraga terutama 6-8 minggu pasca melahirkan.Dengan beberapa cara tersebut anda dapat menurunkan berat badan secara bertahap dalam waktu satu tahun,diet dengan cara ini di anggap jauh lebih aman untuk ibu yang sedang menyusui.Penurunan jumlah asupan kalori dan berat badan secara drastis dikhawatirkan berdampak pada banyak tidaknya produksi ASI.

Tetap perhatikan waktu yang tepat untuk memulai diet.Diet yang baik dilakukan setelah bayi berusia 2 bulan,hal ini harus dilakukan agar tidak kekurangan energi dan juga produksi ASI.Jika ibu mengalami obesitas lebih baik berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu tentang waktu yang tepat untuk memulai diet dan juga agar berat bedan turun dengan waktu yang singkat.

Saat menjalankan program diet,seorang ibu lebih baik menghindari diet dengan cara mengurangi banyak kalori atau menurunkan berat badan dengan waktu yang cepat hal tersebut dapat mempengaruhi produksi ASI.Aturlah jadwal untuk berolahraga dan juga menjalankan pola makan sehat.Akan lebih baik jika anda berkonsultasi dengan dokter sebelum anda melakukan diet saat sedang menyusui bayi.

Artikel DokterBidan.Com Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top