7 Cara Menyusui Bayi Kembar Baru Lahir Secara Bersamaan Yang Benar

9:35 PM
Cara Menyusui Bayi Kembar secara bersamaan memang perlu kekuatan ekstra dan niat yang sungguh sungguh karena semua itu tidak mudah dilakukan. Tapi Jangan takut bunda karena Ada Banyak sekali Tips Bagaimana Cara Memberi ASI Pada Bayi Kembar Baru Lahir Secara Bersamaan Yang Baik dan Benar. Silakan Ikuti Saja Panduanya Bersama DokterBidan.Com. Pengalaman Menyusui Bayi Kembar 2, Bayi Kebar 3 dan Lebih Banyak Lagi merupakan Pengalaman Menyusui yang Luar Biasa, Bahkan Kemarin Sempet Lihat Video Menyusui Bayi Kembar Yang Ada Di Youtube, Terlihat kalau Bundanya Cukup Sibuk namun Tetap Bahagia Dengan Anak Bayi Kembar Dia. salah satu Hal Penting yang saya Perhatikan Ternyata Untuk Mendukung Program Cara Menyusui bayi Kembar Sudah Ada bantal menyusui bayi Kembar yang akan Mempermudah Proses Pemberian ASI Kepada Bayi.

Ketika menyusui satu bayi saja terkadang seorang ibu sudah merasakan kerepotan yang luar biasa.Hampir semua waktu tersita untuk mengurusnya.Nah...jika mengurus satu bayi saja sudah merasa repot bagaimana jika harus mengurus dan menyusui bayi kembar.Pasti anda akan membayangkan repot,ribet,susah dan sebagainya.Yaa semua pikiran itu pasti ada dan akan membayangi anda.Tapi semua pikiran tersebut akan hilang jika anda tahu bagaimana cara tepat untuk menyusui bayi kembar.Dengan mengetahui cara tepat untuk menyusui bayi kembar anda akan merasakan kebahagiaan yang tak terbayangkan karena kedua bayi anda menerima asupan ASI dengan baik.

Berilah kesempatan satu persatu pada setiap bayi. Dengan cara ini,anda dapat melihat bagaimana bayi anda ketika menyedot ASI dari payudara sehingga ketika ada masalah dalam cara menyedotnya,anda dapat mengatasinya dengan baik.Anda perlu mengingat atau bila perlu mencatat berapa lama serta berapa sering bayi minta susu.Serta berapa kali dan berapa banyak tiap bayi pipis serta buang air besar.Ketika bayi anda sudah pintar menyusu,maka tugas anda untuk membiasakan cara menyusu untuk bunda dan si kembar,misalnya menyusui kedua bayi secara bersamaan atau satu persatu terlebih dahulu.Nah...di bawah ini terdapat beberapa cara untuk menyusui bayi kembar.Berikut ulasannya:

7 Cara Menyusui Bayi Kembar Baru Lahir Secara Bersamaan Yang Baik dan Benar

Ada Banyak Cara Memberi Asi Untuk Bayi Kembar Dari Masalah Pemilihan Posisi Menyusui Yang Baik dan Benar Sampai Bagaimana Menjaga Kualitas dan Kuantitas ASI Yang Baik. Yuk Simak Penjelasan Langsung dari Dokter dan Bidan Dibawah ini

1. Posisi seperti mengimpit 2 tas di ketiak (double-clutch hold)

Posisi Dobel - 7 Cara Menyusui Bayi Kembar Baru Lahir Secara Bersamaan Yang Baik dan Benar

Letakkan bantal di kedua sisi tubuh anda.Lalu tempatkan bayi diatas masing-masing bantal dengan posisi kepala bayi berada di depan payudara.Sedangkan badan dan kaki bayi mengarah ke belakang tubuh bunda dengan melewati ketiak anda.Kemudian impit tubuh bayi dengan hangat dan lembut menggunakan siku persis seperti mengimpit tas pesta di ketiak anda.Letakkan telapak tangan anda di belakang kepala masing-masing bayi untuk menahan dan menjaga kepala bayi agar lurus dengan puting anda.Cara lainnya yaitu,anda dapat menempatkan mereka pada posisi tidur di kasur dengan masing-masing kepala bayi saling membelakangi.Jika anda mengambil cara ini pastikan jika tubuh bayi tidak terlentang menghadap atas tapi miring menghadap ke tubuh anda.

2. Posisi Silang (double-cradle hold)


Letakkan kedua bayi di pangkuan anda.Bayi yang menyusu di payudara bagian kiri kakinya menghadap ke kanan,dan bayi yang menyusu pada payudara bagian kanan kakinya menghadap ke kiri.Sehingga kaki bayi saling menyilang di pangkuan anda.
3.Posisi kombinasi (cradle-clutch hold)

Cara ini adalah campuran dari kedua cara di atas.Salah satu bayi diimpit di ketiak,dan satu bayi berada di pangkuan. Untuk Lebih Jelas Berbagia Cara Lain Silakan cek Dibawah ini
Beberapa Posisi Memberi ASi - 7 Cara Menyusui Bayi Kembar Baru Lahir Secara Bersamaan Yang Baik dan Benar


4.Gunakan bantal menyusui khusus untuk bayi kembar


Bantal yang digunakan adalah bantal khusus untuk menyusui dengan ukuran yang lebih besar dari bantal biasa.Jika anda belum memiliki bantal seperti ini,bunda dapat menggunakan alternatif lain seperti menggulung handuk atau selimut.Dengan bantuan bantal,anda lebih bebas ketika menyusui bayi secara langsung dan dapat mencari cara yang lebih banyak ketika menyusui.

5.Pergantian Payudara setiap hari


Anda harus menjadwal saat bayi menyusu dan dalam 24 jam bayi harus menyusu pada payudara yang berbeda.Misalnya saja hari ini bayi bayi A menyusu di payudara bagian kanan dan bayi B menyusu di payudara bagian kiri.Maka esok harus berganti posisi bayi A di payudara bagian kiri dan bayi B di payudara bagian kanan.Cara seperti ini dapat membuat produksi susu di kedua payudara sama,terlebih jika salah satu bayi menyusu dengan jumlah yang banyak.Selain itu,cara ini juga dapat mengurangi penyumbatan pada saluran payudara anda sekalian memberikan latihan dan stimulasi mata yang sama pada si kembar.

6. Jangan Takut kekurangan ASI


Sebaiknya anda jangan menghentikan proses menyusui apalagi jika diberi anugerah bayi kembar.Menyusui bayi kembar secara berkelanjutan sangat mungkin untuk dilakukan.Karena jumlaj ASi akan menyesuaikan kebutuhan bayi.Jika makin sering bayi menyusui maka produksi ASI akan semaki banyak.Sebagai seorang ibu anda tidak perlu khawatir saat menyusui bayi kembar,jika payudara anda teras nyeri atau masalah lainnya anda dapat melakukan konsultasi pada dokter agar anda dapat menyusui bayi kembar dengan lancar.

Bayi kembar biasanya lahir dengan keadaan prematur dan tentunya sangat membutuhkan ASI bunda unruk mendapatkan nutrisi serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi.Menyusui juga bermanfaat untuk membangun ikatan diantara bayi dan juga ibunya.Jika pada awal menyusui berat badan bayi turun,anda tidak perlu cemas karena kejadian seperti ini biasa terjadi pada bayi yang baru lahir namun seiring berjalannya waktu berat badan bayi akan normal kembali.

Untuk anda yang masih bingung dalam memposisikan bayi anda dapat meminta bantuan pada suami atau orang disekitar anda untuk membantu dan mendapatkan posisi yang nayamn baik bagi anda atau si kembar.

7. Posisi Menyusui Bayi Kembar Bebas

Kalau Yang Ini Merupakan Posisi Menyusui Bayi Secara Bebas Asalkan Bunda Nyaman. Sebenarnya Tidak ada Standar Posisi Yang Baik Untuk Menyusui. Selama Bunda Nyaman dan Tidak Mengganggu Bayi maka boleh saja dilakukan. Nah Sekarang Sudah Tahu Kan 7 Cara Menyusui Bayi Kembar Baru Lahir Secara Bersamaan Yang Benar ? Jadi Jangan Takut Ya Kalau mau Lahiran siapa Tahu Kembar. He He he

Artikel DokterBidan.Com Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top