13 Manfaat ASI Eksklusif Sampai 2 Tahun Bagi Ibu dan Bayi Menurut Para Ahli WHO

Manfaat ASI Eksklusif masih jarang dipahami Oleh Bunda Modern Seperti Saat ini. Bahkan Untuk Menjalani ASi Ekxklusif 6 Bulan Saja Tidak Setiap Ibu Bisa Menjalaninya Dengan Berbagai Alasan Semisal Karir, Harus Bekerja Dan Aneka Alasan Lainya. padahal anda Ibu Memahami Penjelasan 13 Manfaat ASI Eksklusif Sampai 2 Tahun Yang Dijelaskan Oleh Jurnal Para Ahli WHO ini Maka tentu Bunda Akan Semakin Paham Apa Saja Khasiat ASI Eksklusif Sampai 2 Tahun Bagi Keluarga Ibu dan Bayi. Yuk Simak Penjelasan dari Dokter Dan Bidan Dibawah ini

Ada banyak sekali manfaat yang didapat ketika memberikan ASI eksklusif pada bayi.ASI eksklusif yaitu pemberian ASI pada bayi hingga berumur 6 bulan dan tidak diberi makanan apa-apa selain ASI saja.Air susu ibu mengandung banyak sekali nutrisi seperti vitamin, protein dan lemak yang sangat baik untuk tumbuh kembang bayi.ASI memang yang terbaik tidak ada yang bisa mengalahkan manfaat ASI termasuk susu formula yang ternyata cukup sulit di cerna di perut bayi.

13 Manfaat ASI Eksklusif Sampai 2 Tahun Bagi Ibu dan Bayi Menurut Para Ahli WHO

13 Manfaat ASI Eksklusif 6 Bul;an Sampai 2 Tahun Bagi Ibu dan Bayi Menurut Para Ahli WHO
Khasiat Asi Exclusive 6 Bulan - 2 Tahun

Manfaat positif pemberian ASI tidak hanya didapatkan oleh ibu tetapi juga oleh anda sebagai ibunya.Dibawah ini terdapat beberapa manfaat yang bisa didapatkan oleh bayi dan juga anda ketika menerapkan ASI eksklusif.

1. Membuat sistem kekebalan tubuh bayi semakin kuat.

Di dalam ASI terkandung antibodi yang dapat membantu tubuh bayi untuk melawan bakteri dan virus.Sehingga resiko terserang penyakit seperti diare,infeksi telinga,infeksi saluran pernafasan,konstipasi berkembang menjadi pengidap diabetes tipe 2 atau meningitis lebih kecil kemungkinannya jika dibandingkan bayi yang tidak di beri ASI eksklusif.Antibodi dari ibu juga akan melindungi bayi dari asma,alergi,dan eksim.

2. Anak menjadi cerdas.

Pemberian ASI eksklusif sejak awal membuat anak menjadi cerdas.Menurut beberapa ahli,asam lemak yang terdapat pada air susu ibu memiliki peranan untuk kecerdasan otak.Hubungan emosional antara anda dan bayi dapat terjalin sejak proses menyusui.

3. Berat Badan Ideal.

Dengan pemeberian ASI eksklusif akan membuat berat badan bayi tumbuh dengan normal.Menurut ahli ASI mengandung insulin dengan jumlah lebih sedikit daripada susu formula,sedangkan insulin dapat memicu adanya lemak.Sehingga ASI tidak akan memicu pembentukan lemak pada tubuh bayi.Selain itu,bayi juga akan memiliki leptin (hormon yang memiliki peranan dalam mengatur nafsu makan dan metabolisme tubuh bayi) lebih banyak.

4.Membuat Tulang Bayi menjadi Kuat

Pengertian asi eksklusif Adalah Memastikan Pemberian ASi Tidak Disertai Dengan Makanan Pedamping ASI ( MPASI ). Berdasarkan penjelasan makalah asi eksklusif Bahwa Bayi wajib Minimal Mendapatkan asi eksklusif 6 bulan dan Sebaik Baiknya Bayi Mendapatkan asupan ASI Selama 2 Tahun.. Bayi yang mendapatkan asupan ASI selama 3 bulan atau lebih akan membuat tulang leher dan tulang belakangnya menajdi lebih kuat jika dibandingkan dengan bayi yang tidak di beri asupan ASI.

5. Mendapat banyak kolesterol.

Mungkin untuk orang dewasa kolesterol adalah asupan yang tidak dibutuhkan.Namun hal ini tidak berlaku bagi bayi.Kolesterol sangat dibutuhkan bayi untuk menunjang pertumbuhan dan zat ini terdapat cukup banyak pada ASI.

6. Mengurangi resiko sindrom kematian bayi mendadak ketika bayi tidur

Manfaat asi eksklusif bagi ibu dan bayi salah Satunya adalah mencegah Berbagai Maslah Kesehatan Semisal bayi mati Mendadak. Itulah salah satu tujuan asi eksklusif Wajib diberikan kepada Sang Buat Hati. asi eksklusif adalah salah satu Bukti kecintaan Bunda Untuk anaknya. Bahkan manfaat asi eksklusif menurut who itu sangat Banyak dan semuanya Baik Untuk BUnda Dan Bayi Bahkan khasiat asi bagi suami juga Baik. He he he Bercanda Ya Bun

7. Membuat hubungan Ibu dan anak semakin kuat.

Ketika menyusui,kulit anda akan bersentuhan langsung dengan kulit bayi dan salin bertatapan.Hal tersebut akan membuat hubungan anda dengan bayi semakin kuat.

8. Membuat tubuh menjadi cepat langsing.

Menyusui akan membakar lemak ditubuh anda,yaitu sekitar 500 kalori setiap harinya.

9.KB alami

Pemberian ASI eksklusif akan membuat ovulasi menjadi terhambat.Agar mendapatkan manfaatnya,disarankan agar anda menyusui kapanpun ia membutuhkan asupan ASI.

10.Mengurangi Stres.

Proses menyusui akan merangsang produksi hormon oksitoksin yang akan membuat anda menjadi rileks.

11. Mengurangi Pendarahan

saat proses menyusui hormon oksitoksin akan keluar yang akan membantu rahim berkontraksi.Hal ini tentunya akan mengurangi pendarahan pada rahim setelah melahirkan dan akan membuat rahim ke bentuk semula sebelum hamil kembali.

12. Menurunnya resiko terkena Kanker.

Menurut beberapa penelitian,semakin lama anda menyusui maka anda akan semakin terlindungi dari penyakit ini.Hal ini memungkinkan terjadi karena proses menyusui dapat menekan produksi hormon estrogen.Meskipun belum diketahui bagaimana bisa menyusui dapat mengurangi risiko anda terkena kanker payudara atau ovarium.

13. Menghemat Pengeluaran.

Jika anda sudah memberikan ASI eksklusif,maka anda tidak perlu membeli susu formula dan akan mengurangi pengeluaran bulanan anda.

Saat anda menyusui,sebaiknya anda mengkonsumsi makanan yang sehat seperti sayuran hijau,buah,daging tanpa lemak,makanan berserat,susu dan banyak minum air putih.Ada baiknya jika anda sangat menjaga pola makan,jika anda mengkonsumsi makanan yang tidak baik atau tidak sehat,dikhawatirkan akan mempengaruhi ASI dan tentunya akan berefek tidak baik pada bayi anda.Pemberian ASI eksklusif tidak dapat dilakukan oleh wanita yang sedang menjalankan kemoterapi karena kanker,mengidap tuberkulosis,pengguna narkoba,mengkonsumsi obat-obatan dan penderita HIV. Semoga Penjelasan Tentang 13 Manfaat ASI Eksklusif Sampai 2 Tahun Bagi Ibu dan Bayi Menurut Para Ahli WHO ini bermanfaat Bagi Anda Semua

Artikel DokterBidan.Com Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top