Penyebab Payudara Nyeri Saat Menyusui Dan Cara Mengatasinya

Nyeri payudara saat menyusui Atau Lebih Dikenal Dengan Nama mastitis merupakan Salah Satu hal yang sering dialami Oleh Ibu Muda Atau Yang baru Pertama Kali Menyusui. Masalah Payudara nyeri saat menyusui, menyusui payudara sakit sebelah,payudara sakit saat menyusui pertama kali dan payudara sakit saat menyusui bayi sebenarnya Tidak perlu dikhawatirkan terlalu besar karena memang masalah mastitis ini kerap ditemukan pada ibu menyusui pertama kali. Makanya Untuk Lebih Aman dan Tidak menduga duga masalah penyakit lain Kalau Misalkan payudara ibu menyusui ada benjolan dan Bertanya Bertanya Apakah benjolan di payudara saat menyusui berbahayakah dan Bagaimana cara mengatasi payudara bengkak saat menyusui yuk langsung Simak beberapa penyebab payudara nyeri saat menyusui yang akan DokterBidan.Com Jelaskan Dibawah ini

Ada beberapa hal yang sering dijumpai ketika memberikan ASI pada bayi adalah munculnya rasa nyeri pada bagian payudara.Kejadian tersebut dapat menyebabkan seorang ibu tidak mau menyusui,terlebih jika kejadian ini terjadi pada seorang perempuan yang baru pertama kali melahirkan.Kejadian seperti ini harus segera diselesaikan agar Bayi mendapatkan ASI dengan sempurna namun si Ibu tidak merasakan nyeri lagi.

Penyebab Payudara Nyeri Saat Menyusui Dan Cara Mengatasinya

Beberapa Penyebab payudara Nyeri Saat Ibu Menyusui Anak. Rasa Nyeri di payudara saat menyusui terjadi karena beberapa faktor.Faktor-faktor tersebut adalah:

1.Produksi ASI yang melimpah.Rasa nyeri di payudara akan terjadi ketika melimpahnya produksi ASI.Hal ini dapat di atasi jika bayi anda dapat menyusu dengan cara yang benar.Dengan ini maka secara otomatis produksi ASI akan mengikuti kebutuhan bayi.Perlu diketahui bahwa kejadian nyeri seperti ini akan mulai menghilang pada tiga bulan pertama menyusui.

2.Tongue-tie.Adanya suatu kelainan bawaan yang terjadi pada organ mulut yang menyebabkan lidah dan mulut bayi tidak dapat digerakkan dengan baik.Hal ini dapat menjadi salah satu sebab bayi tidak mampu menyedot ASI dengan maksimal.

3.Pembengkakkan payudara.Membengkaknya payudara terjadi karena ASI yang terlalu banyak dan derasnya aliran darah ke daerah payudara.Selain membengkaknya payudara,hal ini juga dapat menyebabkan badan dan payudara terasa panas,nyeri,kemerahan serta mengkilap.

4.Dermatitis atau Eksim.Rasa gatal dan nyeri yang terjadi pada puting susu dapat disebabkan karena anda mengalami dermatitis atau eksim.Hal ini dapat disebabkan karena sabun,lotion,krim atau terkena kaporit ketika berenang.

5.Infeksi Jamur,dapat juga terjadi pada bayi yang menyusui.Jika bayi yang sedang menyusu mengalami infeksi jamur maka ada kemungkinan infeksi jamur dapat masuk ke dalam saluran payudara dan ketika infeksi sudah menyebar maka payudara akan terasa nyeri.

6.Mastitis.
Mastitis adalah peradangan yang terjadi pada area jaringan payudara.Kejadian ini adalah salah satu hal yang biasa terjadi pada ibu menyusui.Peradangan yang terjadi akan membuat payudara menjadi bengkak,nyeri serta kemerahan.

7.Tumbuhnya Gigi Pada Bayi.Ketika gigi akan tumbuh maka gusi akan melunak dan menimbulkan rasa nyeri.Biasanya bayi akan mengubah cara ketika menyusu.Perubahan ini dapat membuat bayi menggigit puting si Ibu.

8.Bra Yang Kurang Pas.Penggunaan Bra yang kurang pas seperti terlalu ketat akan membuat puting susu tertekan.Selain itu bahan dari bantalan bra yang tidak berkualitas akan membuat kulit tidak dapat bernafas dengan baik.

Cara Mengatasi Payudara Nyeri dan Bengkak Saat Menyusui Bayi

Penyebab Payudara Nyeri Saat Menyusui dan Cara Mengatasi Payudara Nyeri dan Bengkak Saat Menyusui Bayi

Ada beberapah hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut.Berikut ulasannya:

-Saat akan menggunakan bra,pastikan puting susu dalam keadaan kering.

-Bra yang digunakan sebaiknya berbahan dasar katun dan tidak menggunakan kawat agar sirkulasi udara di payudara dapat berjalan lancar.

-Gunakan Air bersih saat membersihkan payudara dan jangan menggunakan sabun karena zat yang terkandung pada sabun akan membuat payudara kering.

-Petroleum Jelly dapat dioleskan pada puting yang mengalami pecah-pecah

-Jika Ibu atau bayi mengalami infeksi jamur maka anda dapat meminta resep obat anti jamur pada dokter

-Cobalah beberapa posisi ketika menyusui agar timbul rasa nyaman

-Apabila masitis disebabkan oleh bakteri patogen,maka anda dapat minum obat antibiotik untuk meredakan rasa nyeri yang sudah direkomendasikan oleh dokter.Disarankan juga agar anda beristirahat dengan maksimal lalu lanjut menyusui serta minum air putih yang banyak sehingga tubuh dapat melawan infeksi yang terjadi di bagian payudara.

-Untuk membantu air susu keluar dengan lancar,anda dapat mengompres payudara dengan air hangat sebelum mulai menyusui.Setelah bayi selesai menyusu kompres kembali payudara dengan handuk dingin atau kubis putih.Hal ini dapat mengurangi pembengkakan pada payudara anda.
Meskipun banyak cara untuk mengatasi,tetap saja rasa nyeri akan terjadi jika bayi anda belum dapat memposisikan lidahnya ketika menyusui.

Minum ASI juga dapat memberikan manfaat yaitu kedekatan emosional antara Ibu dengan bayi dan juga akan menimbulkan rasa nyaman pada bayi.Sehingga rasa nyeri yang muncul tidak boleh dijadikan alasan untuk tidak memberikan ASI eksklusif pada bayi.

Semoga Dengan Adanya Penjelasan Penyebab Payudara Nyeri Saat Menyusui ini Maka Bunda Menyusui ( BUSUI ) Tidak Lagi Terlalu Khawatir Dengan Masalah Mastitis yang sedang Dihadapi. Tenang Saja Bun Bahkan Diluaran sana ada Banyak Orang yang Merasakan puting nyeri saat menyusui,nyeri punggung saat menyusui,nyeri dipayudara saat menyusui,nyeri tulang saat menyusui,nyeri kaki saat menyusui,nyeri perut bawah saat menyusui,  Bagaimana meredakan nyeri saat menyusui dan Banyak Masalah Lainya Namun Tetap Setia Untuk Memberikan ASI Kepada Sang Buah Hati.

Artikel DokterBidan.Com Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top