8 Makanan Sehat Untuk Ibu Menyusui Bayi Baru Lahir Agar Bayi Cerdas

6:18 PM
8 Makanan Sehat Untuk Ibu Menyusui ini merupakan daftar Konsumsi Yang sebaiknya dimakan oleh bunda yang sedang memberikan ASI kepada Bayi Baru Lahir maupun Bayi Yang sudah cukup besar. Hal ini Ditujukan Agar Bayi Cerdas, Sehat dan Pasti Kuat. Mungkin Kalau Sahabat Dokterbidan Sering Membaca di Forum Dokter dan Bidan, Blog Kesehatan maupun News Seputar Ibu Menyusui Akan Lebih Paham Makanan Apa Saja Yang Baik dikonsumsi dan Makanan Apa Yang menjadi Pantangan Ibu Menyusui.. Saat menyusui adalah masa dimana ASI adalah hal yang sangat penting bagi pertumbuhan bayi.Sehingga seorang ibu harus mengkonsumsi makanan yang bernilai gizi cukup tinggi dan tidak boleh asal makan saja.Terdapat beberapa makanan yang memiliki manfaat lebih untuk dikonsumsi saat masa menyusui.

Seseorang yang sedang menyusui akan membutuhkan nutrisi yang lebih dari biasanya,bahkan bisa membutuhkan hingga 500 lebih kalori untuk memastikan produksi ASI mencukupi. Meski begitu,pada faktanya tidak semua ibu membutuhkan kalori tambahan.Hal ini tergantung pada berat badan dan bertambahnya berat badan saat hamil serta seberapa besar kegiatan yang dilakukan oleh Ibu. Saat masa menyusui hindari makan dengan nafsu yang berlebihan.Sebaiknya makan hanya saat merasa lapar dan tentunya memilih makanan yang sehat.Saat menyusui sebaiknya jangan terlalu mementingkan menurunkan berat badan yang berlebihan.

8 Makanan Sehat Untuk Ibu Menyusui Bayi Baru Lahir Agar Bayi Cerdas Sehat dan Kuat

8 Makanan Sehat Untuk Ibu Menyusui Bayi Baru Lahir Agar Bayi Cerdas Sehat dan Kuat

Berikut ini terdapat beberapa jenis makanan yang bernutrisi tinggi dan tentunya baik untuk dikonsumsi oleh ibu menyusui. Beberapa Jenis Makanan Sehat Untuk Ibu Menyusui tersebut yaitu:

1.Telur
Telur adalah salah satu makanan yang mengandung protein dan pilihan mudah untuk ibu menyusui.Telur yang sudah difortifikasi DHA dapat menambah asam lemak esensial pada ASI dan tentunya bagus untuk perkembangan bayi sehingga ini dapat dijadikan salah satu menu.Anda dapat mengkonsumsi telur rebus atau telur orak arik saat sarapan.

2.Salmon
Ikan salmon adalah salah satu jenis ikan yang mengandung DHA dan berfungsi untuk perkembangan sistem saraf bayi.Tingkat DHA yang terkandung dalam ASI tergantung pada makanan yang dikonsumsi oleh Ibu.Sebuah penelitian mengungkapkan jika DHA yang terkandung pada ikan Salmon dapat mencegah depresi pasca melahirkan.Namun jangan berlebihan ketika mengkonsumsi salmon,usahakan hanya mengkonsumsi salmon 12 ons/minggu untuk menghindarkan bayi dari kemungkinan paparan merkuri.

3.Beras Coklat
Beras coklat memilik kandungan serat dan nutrisi yang lebih tinggi yang dapat membuat rasa kenyang lebih awet.Beras coklat juga tidak akan menyebabkan gula darah naik setelah mengkonsumsinya berbeda dengan beras putih yang dapat membuat gula darah naik.

4.Sayuran Hijau
sayuran hijau seperti brokoli dan bayam adalah sayuran yang memliki kadar kalori rendah namun mengandung vitamin A yang tinggi sehingga sangat bagus bagi bayi dan ibu menyusui.Sayur hijau juga sangat bagus dikonsumsi saat hamil.Sayuran tersebut juga kaya akan kalsium, vitamin C, zat besi dan antioksidan yang dapat menjaga kesehatan jantung.

5.Susu
ASI yang mengandung kalsium cukup tinggi akan membantu perkembangan tulanh pada bayi dan dapat menjaga kesehatan tubuh ibu menyusui.Dan susu adalah sumber kalsium yang cukup baik.Susu juga mengandung vitamin D, protein, dan vitamin B.Kebutuhan ibu menyusui dapat tercukupi dengan minum 3 cangkir susu setiap harinya.Tapi susu juga dapat diganti dengan yoghurt yang sama-sama mengandung kalsium dan protein.

6.Kurma
Kurma memiliki rasa yang manis dengan kandungan kalsium yang cukup tinggi yang dapat memacu produksi ASI.Kandungan serat pada kurma juga sangat baik untuk ibu menyusui.Kurma juga sangat baik dikonsumsi saat masa hamil.Selain kurm,kacang almond juga dapat dikonsumsi ibu menyusui karena kacang ini juga mengandung kalsium.

7.Jeruk
Jeruk sangat pas dikonsumsi oleh ibu menyusui karena vitamin C yang terkandung baik untuk memberikan tambahan energi.Jus jeruk yang sudah difortifikasi kalsium dapat menjadi salah satu pilihan yang mengandung nutrisi bagi ibu menyusui.

Beberapa jenis makanan tersebut dapat dijadikan pilihan asupan yang pas dan tentunya bermanfaat bagi ibu menyusui.Dan sebaiknya anda tetap jeli dan selektif dalam mengkonsumsi makanan agar bayi dapat tumbuh dengan baik. Semoga Penjelasan Tentang 8 Makanan Sehat Untuk Ibu Menyusui Bayi Baru Lahir Agar Bayi Cerdas ini bermanfaat

Artikel DokterBidan.Com Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Scroll to top